Rabu, 20 Juni 2012

GAMBARAN UMUM DESA KARANGWINONGAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG



1.    Gambaran Umum Keadaan Kabupaten Jombang
              Gambaran umum keadaan Kabupaten Jombang membahas tentang karakteristik fisik dasar.
•    Karakteristik Fisik Dasar
Kabupaten Jombang secara administratif terdiri atas 21 Kecamatan, dengan jumlah Desa/Kelurahan sebanyak 306.
A. Kondisi Geografis
Luas wilayah kabupaten 115.950 Ha : 1.159,5 Km². Terletak membentang antara 7.20′ dan 7.45′ .Lintang Selatan 5.20º – 5.30 º Bujur Timur.  Batas-batas wilayah kabupaten/kota :
Sebelah Utara            : Kabupaten Lamongan
Sebelah Selatan         : Kabupaten Kediri
Sebelah Timur           : Kabupaten Mojokerto
Sebelah Barat            : Kabupaten Nganjuk
Administrasi Pemerintahan terdiri dari 21 Kecamatan dan 301 desa, 5 kelurahan.Kecamatan yang terluas adalah kecamatan Kabuh (13.233 Ha) dan yang terkecil Kecamatan Ngusikan (34,980 Ha). Curah hujan terbesar antara 1750 s/d 2500 mm pertahun
B. Kondisi Iklim dan Cuaca
Wilayah Kabupaten Jombang mempunyai letak geografi antara : 5.20° – 5.30° Bujur Timur dan antara :7.20′ dan 7.45′ lintang selatan dengan luas wilayah 115.950 Ha atau 2,4 % luas Propinsi Jawa Timur.
Keadaan iklim khususnya curah hujan di Kabupaten Jombang yang terletak pada ketinggian 500 meter dari permukaan laut mempunyai curah hujan relatif rendah yakni berkisar antara 1750 – 2500 mm pertahun.Sedangkan untuk daerah yang terletak pada ketinggian lebih dari 500 meter dari permukaan air laut, rata-rata curah hujannya mencapai 2500 mm pertahunnya.
Kabupaten Jombang adalah termasuk yang mempunyai iklim tropis, sedangkan berdasarkan hasil perhitungan menurut klasifikasi yang diberikan oleh Smidt dan Ferguson termasuk tipe iklim D. Dimana tipe ini biasanya musim penghujan jatuh pada bulan Oktober sampai April dan musim kemarau jatuh pada bulan Mei sampai dengan bulan Oktober.
2.    Gambaran Umum Kecamatan Mojoagung
Gambaran umum Kecamatan Mojoagung meliputi gambaran wilayah kecamatan Mojoagung mulai dari karakteristik fisik dasar, sosial, fisik binaan, serta ekonomi.
Karakteristik Fisik Dasar
A. Kondisi Geografis
Kecamatan Mojoagung mempunyai luas wilayah 4.850,204 Ha yang terdiri dari lahan terbangun dan tak terbangun secara keseluruhan sebagai berikut:
Tanah sawah seluas 2.310,102 Ha terdiri dari:
a)  Sawah teknis seluas 2.297,732 Ha
b)  Sawah tadah hujan 12,370 Ha
1.     Tegal seluas 46,845 Ha
2.     Pekarangan seluas 995,274 Ha
3.     Hutan 1.404,91 Ha
4.     Lain-lain 93.073 Ha
Kecamatan Mojoagung berbatasan dengan 4 Kecamatan, yaitu:
a) Sebelah Timur : kecamatan Trowulan
b) Sebelah selatan : Kecamatan Mojowarno
c)  Sebelah Barat : Kecamatan Peterongan
d)  Sebelah Utara : Kecamatan Sumobito



Secara administratif, Kecamatan Mojoagung terdiri atas 18 Desa, yaitu:
1.     Desa Miagan
2.     Desa Mojotrisno
3.     Desa Mancilan
4.     Desa Kademangan
5.     Desa Kauman
6.     Desa Tanggalrejo
7.     Desa Dukuhmojo
8.     Desa Dukuhdimoro
9.     Desa Gambiran
10.    Desa Karangwinongan
11.     Desa Betek
12.     Desa Janti
13.     Desa Murukan
14.     Desa Karobelah
15.     Desa Johowinong
16.     Desa Tejo
17.     Desa Kedunglumpang
18.     Desa Seketi
B.  Kondisi Topografi
Kondisi Topografis Kecamatan Mojoagung adalah sebagai berikut :
1.    Kecamatan Mojoagung merupakan dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 37 M di atas permukaan air laut dan sedikit berbukit di bagian selatan wilayah yaitu Desa Kedunglumpang.
2.    Lapisan tanah di wilayah Kecamatan Mojoagung relatif stabil.3. Kecamatan Mojoagung terletak antara 07.45 Lintang Selatan dan 05.30 Bujur Timur.
3.    ABT (Air Bawah Tanah) sangat baik, rata-rata 40 M di bawah permukaan tanah.


C. Kondisi Hidrologi
Kecamatan Mojoagung merupakan dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 37 M di atas permukaan air laut dengan curah hujan rata-rata antara 1750-2500 mm per tahun dengan jumlah hujan terbanyak 93 hari.
D. Klimatologi
Kecamatan Mojoagung berasadi iklim tropis, dimana tiap tahunnya mengalami musim kemarau selama 6 bulan sekali dan musim penghujan selama 6 bulan sekali juga.Suhu udara Kecamatan Mojoagung antara 21 ºC – 30 ºC.
3. Gambaran Umum Desa Karangwinongan
Gambaran umum wilayah studi merupakan suatu gambaran mengenai kondisi fisik dasar di Desa Karangwinongan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang.
•     Karakteristik Fisik Dasar
Kondisi fisik dasar Desa Karangwinongan mencakup empat aspek, yaitu kondisi geografis, kondisi topografi, kondisi hidrologi, dan kondisi iklim/klimatologi.
A.        Geografi
Desa  Karangwinongan merupakan salah satu desa dari 18 desa yang terdapat di Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang Propinsi Jawa Timur yang memiliki 4 dusun yaitu Dusun Kebonsari, Dusun Karangmenjangan atau Kemiri, Dusun Ngingas, dan Dusun Winong. Secara administrasi Desa Karangwinongan berbatasan dengan:
Sebelah Barat            : Desa Ringin Pitu Kecamatan Mojoagung
Sebelah Selatan       :Desa Grobogan dan Desa kedung Lumpang Kecamatan Mojoagung
Sebelah Timur          : Desa Dukuh Mojo Kecamatan Mojoagung
Sebelah Utara           : Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung
Luas wilayah Desa Karangwinongan adalah 232 ha, yang terbagi menjadi tanah permukiman 59 ha, tanah persawahan 173 ha
A. Topografi
Kondisi topografi desa Karangwinongan berupa dataran rendah dengan ketinggian 90 meter diatas permukaan laut. Secara umum kondisi topografi desa Karangwinongan mendapat pengaruh dari letusan material gunung Kelud yang terbawa arus deras sungai Brantas dan Sungai desa, sehingga jenis tanah di Desa  Karangwinongan merupakan jenis tanah vulkanik yang subur. Hal itu sangat menguntungkan desa mengingat sector yang dominan di desa tersebut adalah sector pertanian, sehingga dapat berpotensi dalam pengembangan sector pertanian disana.
B. Iklim
Seperti halnya semua wilayah di Indonesia, Desa Karangwinongan Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang memiliki iklim tropis yakni sekitar 35º C, dimana setiap 6 bulan sekali terdapat musim kemarau dan 6 bulan sekali ada musim penghujan, namun akhir-akhir ini pembagian waktu iklim tidak lagi tepat, kebanyakan didominasi oleh musim kemarau yang lebih panjang waktunya. Hal ini tentu saja menguntungkan penduduk Desa Karangwinongan karena mayoritas pekerjaan mereka adalah petani.
C. Hidrologi
Desa Karangwinongan terletak kurang lebih pada ketinggian 90 meter dari permukaan air laut mempunyai curah hujan yang cukup rendah, yaitu berkisar antara 1750-2500 mm per tahun dengan jumlah curah hujan terbanyak 93 hari.Desa Karangwinongan tidak memiliki sumber mata air sendiri, satu-satunya sumber air yang terdapat di Desa tersebut hanya sungai yang mengalir diantara Desa Dukuh Mojo yakni sebelah Timur Desa Karangwinongan, sepanjang Desa Karangwinongan, dan Desa Kedung lumpang.Sungai tersebut digunakan warga untuk mengairi sawah, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti minum, memasak, mandi, dan mencuci, sebagian besar (±900 unit sumur) warga desa menggunakan sumur yang menggunakan pompa.
•    Karakteristik Sosial
Masyarakat desa Karangwinongan umumnya sama seperti ciri-ciri masyarakat desa pada umumnya, yang mengutamakan kebersamaan dan gotong royong. Namun karena jarak antar permukiman antar dusun di Desa yang relatif jauh, menyebabkan masyarakat Desa jarang melakukan perkumpulan.Jika ada perkumpulan desa di Balai Desa, tidak semua warga dapat menghadiri pertemuan, hanya sebagian yang menghadiri.Selain itu karena tingkat pendidikan yang rendah menyebabkan pemikiran masyarakat desa sempit, kurang bisa menerima adanya masukan berupa informasi dan pengetahuan baru.Ketika ada pendatang, mereka cenderung menyambutnya dengan ramah. 

A. Kependudukan
Gambaran umum kependudukan adalah uraian yang menjelaskan kondisi eksisting mengenai data kependudukan Desa Karangwinongan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang.Data yang disajikan berupa komposisi penduduk dan jumlah penduduk berdasarkan survei sekunder yang telah dilakukan sebelumnya.


1. Jumlah Penduduk
Berdasarkan data kependudukan Desa Karangwinongan, dapat diketahui bahwa jumlah penduduk total Desa Karangwinongan sebanyak 3.207 jiwa.Terdiri dari laki-laki 1.590 orang dan perempun 1617 orang.Jumlah Kepala Keluarga Desa Karangwinongan yaitu 957 KK
Tabel 6.1 Jumlah Penduduk Meurut Jenis Kelamin
No.    Nama Desa/Kelurahan    Penduduk    Jumlah KK
        Laki-laki    Perempuan    Jumlah   
1    Karangwinongan    1590    1617    3.207    957
   Sumber : Data monografi Desa Karangwinongan
 2. Data Kepadatan Penduduk
Tingkat kepadatan penduduk pada Desa Tanggalrejo dapat dilihat pada tabel dibawah ini
                  Tabel  Tingkat Kepadatan Penduduk
No.    Nama Desa    Luas Desa/Kelurahan (Km2)    Kepadatan Penduduk (Jiwa/ Km2)
1    Karangwinongan    232    202
   Sumber : Data monografi Desa Karangwinongan

B. Struktur Penduduk
     Tabel   Komposisi penduduk menurut jenis kelamin
Jenis Kelamin    Jumlah Penduduk (jiwa)
Laki-laki    1.590
Perempuan    1.617
Total    3.207
   



Sumber : Data monografi Desa Karangwinongan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar